Wisata Candi Borobudur Yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Candi borobudur. Candi satu ini merupakan candi Buddha terbesar di Dunia. Dimana pada tahun 1991 lalu, UNESCO secara resmi menetapkan Candi Borobudur sebagai warisan dunia yang perlu dilindungi. Selain itu, Candi Borobudur saat ini menjadi tempat wisata cukup menarik di Indonesia, serta sukses mendapatkan banyak perhatian dari berbagai wisatawan, baik wisatawan domestik hingga mancanegara.

Candi Borobudur sendiri mempunyai luas yang mencapai 123 x 123 meter persegi yang terdiri dari 10 tingkat utama. Candi ini memiliki bangunan yang terbuat dari susunan balok dari vulkanik dan memiliki bentuk 504 arca, 72 stupa, dan terdapat stupa induk berukuran besar yang berada pada puncak. Sekilas, Candi Borobudur menyerupai susunan lego raksasa. Yang mana balok-balok raksasa tersusun dengan rapi tanpa menggunakan bahan perekat.

wisata-candi-borobudur

Borobudur mempunyai kurang lebih 1.460 panel relief yang nampak menghiasi dinding Candi yang masing-masing mempunyai pajang panel hingga 2 meter. Panel relief ini menggambar tentang tingkatan kehidupan seorang Buddha. Pada relief bawah memiliki sebutan dengan ‘Kamadathu’, mnenceritakan tentang perilaku manusia yang dinilai sangat buruk. Sedangkan relief tengah memiliki sebutan ‘Rapadathu’ yang bercerota tentang manusia yang mampu bebas dari nafsu, sementara untuk relief teratas memiliki sebutan ‘Arupadhatu’ yang mencertakan tentang tingkatan pencapaian Budha paling atas.

Tentu tak hanya 3 relief diatas yang dimiliki Candi Borobudur , masih banyak relief yang bisa ditemukan pada bagian bawah yang masih terkubur. Menurut informasi yang beredar, nama relief yang masih terkubur bernama ‘Karmawibhangga’, dimana relief ini menggambar tentang terbawah manusia, yakni perilaku paling buruk manusia.

Candi Borobudur disebut-sebut sebagai salah satu mahakarya yang paling besar di sepanjang sejarah. Nilai karya yang ditawarkan Candi satu ini tak tertandingi. Ini bisa dibuktikan dengan susunan balok vulkanik dan pahatan relief yang ada di Candi Borobudur. Selain itu tempat wisata ini juga jadi salah satu bukti akan kemajuan peradaban manusia pada zaman dahulu kala.

Selain menawarkan bangunan yang sangat mengagumkan, Candi Borobudur juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukkan mata para pengujugnya. Jika berkunjung di candi ini akan terlihat bukit Manoreh yang ada di sebelah selatan candi yang cukup indah. Selain itu, terdapat juga Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Merapi yang juga ada disekitar Candi Borobudur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s